Pelaksanaan otonomi daerah yang telah digulirkan oleh pemerintah sejak tahun 2001 membawa perubahan dalam pelaksanaan pemerintahan di daerah. Salah satu perubahan itu adalah pemberian wewenang yang lebih luas dalam penyelenggaraan beberapa bidang pemerintahan. Seiring dengan bertambah luasnya kewenangan ini, maka aparat pemerintahan di daerah diharapkan dapat mengelola dan menyelenggarakan pelayanan dengan lebih baik dari sebelumnya sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.
Sebagaimana tuntutan reformasi dan otonomi daerah, Kelurahan Bandar Kidul bertekad untuk mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance), yaitu pemerintahan yang lebih berdaya guna, berhasil guna, bersih dan bertanggung jawab dengan berprinsip pada tiga hal pokok yaitu transparansi, partisipatif dan akuntabel.
Tidak cukup hanya itu, sebagai pelayan masyarakat (public servant) aparatur Pemerintah Kelurahan Bandar Kidul berkomitmen memberikan pelayanan prima, bekerja untuk melayani bukan untuk dilayani, bekerja profesional sesuai tugas dan fungsinya secara efektif, efisien, dan lebih cepat tanpa mengesampingkan standar dan prosedur-prosedur yang ada.
Dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) aparatur yang memadai, sarana prasarana kelurahan yang cukup lengkap seperti Kantor Kelurahan yang representatif, Balai Kelurahan, perlengkapan kantor, termasuk komputer, mebelair, alat komunikasi, transportasi dan lainnya, Pemerintah Kelurahan Bandar Kidul dapat menjalankan kepemerintahan dengan baik.
Pemberian pelayanan di Kelurahan Bandar Kidul beralih dari pelayanan yang sifatnya sentralistik ke pelayanan yang lebih memberikan fokus pada pengelolaan kepuasan masyarakat, yaitu :
- Lebih fokus pada fungsi pengaturan melalui kebijakan yang memfasilitasi berkembangnya kondisi kondusif bagi pelayanan masyarakat.
- Lebih memfokuskan diri pada pemberdayaan aparatur kelurahan dan masyarakat.
- Fokus pada pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran yang berorientasi pada hasil sesuai dengan masukan atau aspirasi yang diharapkan masyarakat.
- Lebih mengutamakan pelayanan apa yang diinginkan oleh masyarakat.
- Memberi akses kepada masyarakat dan responsif terhadap pendapat dari masyarakat tentang pelayanan yang diterimanya.
Untuk mendukung pelayanan tersebut, tugas dibagi habis oleh 14orang perangkat Kelurahan. Dengan latar belakang pendidikan 1 Orang S2, 8 orang S1, 1 orang DIII, 3 orang SLTAdan 1 orang SLTP yang kesemuanya itu menjadi satu landasan yang kuat untuk menggerakkan sistem pemerintahan Kelurahan yang tetap menjaga kebersamaan dengan warga masyarakatnya.
DAFTAR PERANGKAT KELURAHAN BANDAR KIDUL
KECAMATAN MOJOROTO
KOTA KEDIRI
NO. | NAMA | PENDIDIKAN | JABATAN |
1 | M. Nurul Hadi, SH, MM | S.2 | Kepala kelurahan |
2 | Winarsih, S.Sos | S.1 | Sekretaris Kelurahan |
3 | Ahmad Shodiq, SH | S.1 | Kasi Pemerintahan |
4 | Anjarsari Yuliatin S, SE | S.1 | Kasi Ekbang |
5 | Nur Aisyiah, S.Ag | S.1 | Kasi Kessos |
6 | Suparno, SH | S.1 | Kasi Trantib |
7 | Muhammad Zaini, SH | S.1 | Staf |
8 | Wahyu Pramasyara P, A.Md | D III | Staf |
9 | Etik Puji Rahayu, SE | S.1 | Staf |
10 | Eko Prajoko | SLTA | Staf |
11 | Budi Mardianto | S.1 | Staf |
12 | Endi Barwan | SLTA | Staf |
13 | Winarko | SLTP | Staf |
14 | Wahyu Widada | SLTA | Staf |
Dengan pelayanan prima kinerja perangkat Kelurahan Bandar Kidul lebih terpacu dan kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang mudah, ramah dan murah akan tetap terpenuhi. Akuntabilitas pemerintahan senantiasa dijaga, selain daripada itu SDM dan sarana prasarana kelurahan terus ditingkatkan baik secara kualitas maupun kuantitas, sehingga kepercayaan masyarakat pada organisasi pemerintahan pada level bawah dapat terbentuk.
Salah satu bentuk pelayanan tersebut adalah dengan menerapkan standar operasional pelayanan antalalain harus ada pengantar Ketua RT, Tidak ada Pungutan dalam pengurusan administrasi, serta dapat selesai dalam 1 jam. Selain hal tersebut Kelurahan Bandar Kidul juga mempunyai motto dalam pelayanan kepada masyarakat yaitu S3-I (Salam, Sapa, Senyum dan Ikhlas) sehingga masyarakat tidak merasa takut dalam pengurusan administrasi pemerintahan.
Tidak hanya pelayanan adaminstrasi saja, peningkatan sarana dan prasarana yang ada diwilayah kelurahan Bandar Kidul juga ditingkatkan, jumlah yang dialokasikan melalui dana APBD untuk memenuhi sarana dan prasaranadari tahun ke tahun terus meningkat.